godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Beranda / Bulletin / LWNU Mesir Berkunjung ke Dar al-Ifta

LWNU Mesir Berkunjung ke Dar al-Ifta

Divisi Riset Lembaga Wakaf Nahdlatul Ulama Mesir (LWNUM) telah melakukan kunjungan ke Dar al-Ifta, yang mana Dar al-Ifta ini adalah salah satu lembaga tertinggi Mesir yang membidangi fatwa dan menetapkan hukum-hukum Islam di pemerintahan Republik Arab Mesir. Kunjungan ini berlangsung pada tanggal 7 Oktober 2020.

Kunjungan kali ini disambut oleh Syekh DR. Mukhtar Muhsin selaku Ketua Bidang Hisab Syar’i di Dar al-Ifta. Beliau menerima rombongan LWNUM dengan sambutan yang hangat.

Perbincangan dimulai oleh Direktur Utama LWNU Mesir, Palahudin Nur Halim, dengan menyampaikan beberapa poin dari tujuan dibentuknya LWNUM yang baru berdiri di Mesir tiga bulan yang lalu. DR. Mukhtar sangat mengapresiasi apa yang dilakukan LWNU yang mengumpulkan dan mengelola wakaf uang yang nantinya akan digunakan untuk kesejahteraan umat.

Dalam hal ini, kegiatan yang dilakukan LWNU merupakah salah satu bentuk filantropi Islam untuk kesejahteraan, khususnya kepada para pelajar Indonesia di Mesir dan umumnya untuk masyarakat Mesir secara luas. Salah satu program yang nantinya akan dilakukan oleh LWNU yaitu merenovasi bangunan makam para Ulama di Mesir. Program ini mendapatkan dukungan dari beliau karena memang beberapa makam ulama di Mesir banyak yang kondisinya kurang terawat dan butuh untuk direnovasi.

Inti dari kunjungan ini adalah menanyakan beberapa masalah mengenai legalitas wakaf uang yang sesuai dengan pandangan syariat. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa memang wakaf uang ini merupakan hal yang baru karena dalam kitab-kitab turats (klasik) tidak disebutkan keberadaanya.

Pada dasarnya, wakaf uang yang ada hanya wakaf berupa sesuatu yang tetap (bentuknya) tidak berubah, seperti wakaf bangunan, perkebunan, sumur, dan lain sebagainya. Beberapa para ulama mazhab empat tidak memperbolehan wakaf berupa uang (nuqud) karena uang bukanlah sesuatu yang bisa tetap, akan tetapi bisa hilang jika di-tasharufkan (dibelanjakan). Hanya saja ada pendapat dari mazhab Maliki yang memperbolehkan wakaf uang dengan menjadikan uang tersebut untuk qard (dihutangkan) kepada mauquf ‘alaih (penerima wakaf), kemudian bergantian dihutangkan kepada penerima wakaf yang lain dan begitu seterusnya.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, muncul berbagai sistem ekonomi terbaru, seperti adanya bank sebagai pengelola keuangan yang mempermudah transaksi. Bahkan, beberapa transaksi tidak bisa dilakukan kecuali melalui bank, seperti pendaftaran ibadah haji, pembayaran gaji pegawai, transaksi lintas negara, dan lain sebagainya. Maka, adanya wakaf uang ini menjadi sangat genting.

Beliau menyontohkan tentang masalah zakat dengan uang yang menurut mazhab Maliki, Syafi’i dan Hambali tidak diperbolehkan. Hanya mazhab Hanafi yang memperbolehkan zakat fitrah dengan menggunakan uang. Akan tetapi untuk saat ini zakat fitrah dengan uanglah yang lebih bermanfaat diberikan kepada para penerima zakat karena berdasarkan hadis nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam

أغنوهم عن المسألة في مثل هذا اليوم (رواه الدارقطني)

‘Cukupilah (kebutuhan) mereka, agar mereka tidak meminta-minta di hari ini’

Dalam hal ini, para penerima zakat tentunya akan lebih leluasa untuk memenuhi kebutuhan mereka dangan menggunakan uang.

Di akhir sambutan, Beliau berharap kunjungan seperti ini bisa dilakukan secara rutin terutama dalam membahas permasalah-permasalahan kontemporer dan beliau mendoakan semoga yang dilakukan oleh LWNUM ini berjalan dengan lancar dan bisa memberikan kemanfaatan yang lebih banyak lagi.

Sebagai tambahan, Anda dapat menyalurkan dana wakaf terbaik anda ke LWNU Mesir dengan cara

  1. On the spot. Pewakaf bisa langsung datang ke sekretariat PCINU Mesir dengan mengisi formulir yang sudah disediakan oleh pengurus.
  2. Via transfer. Pewakaf terlebih dahulu harus mengisi formulir wakaf online. Kemudian dana yang hendak diwakafkan ditransfer ke n Rekening BNI Syariah: 1049265487, a.n. LWNU M dengan mengirim serta bukti transfer ke surel: service@lwnumesir.or.id, atau pusat kontak kami +62 85892800388/+20 1140 510099 (call/whatsapp)

 

 

 

Lihat Juga

Omnibuslaw dan Tantebuslaw

Kulihat udin sedang memegang smartphone-nya, sesekali kedua alisnya meruncing nampak kekesalan sedang menguasai dirinya. Kala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.