Rutinan Maulid Diba Kembali Dibuka

NUMUDA.com – Alhamdulillah Sabtu kemarin (16/9) mahasiswa-mahasiswi yang tergabung dalam IPNU – IPPNU melaksanakan pembukaan Majlis Diba di kantor NU Kota Malang. Ini merupakan rutinan pembacaan maulid Diba yang diadakan oleh PC IPNU dan PC IPPNU Kota Malang bagi seluruh kalangan pemuda NU khususnya yang terlibat secara struktural dalam komisariat dan anak cabang lainnya.

Majlis Diba diawali dengan agenda khataman Quran mulai pagi hari. Khataman Quran sudah menjadi agenda rutin sebulan sekali yang pada umumnya ada di kampung desa maupun lingkungan perkotaan. Khataman dilakukan dengan membagi 30 juz Al-Quran pada orang yang hadir untuk membaca. Semakin banyak orang yang hadir, bisa semakin cepat khataman selesai. Perempuan pun biasanya turut meramaikan, meskipun sedang berhalangan, terkadang mereka menyibukkan diri dengan wirid atau bacaan lain yang diperbolehkan selama haid.

Setelah khataman selesai, hadirin dipersilahkan makan bersama, kemudian solat asar berjamaah. Suasana terlihat sangat rukun dan menyenangkan. Hingga acara diba selesai, para mahasiswa ini tampak bersemangat. Meski tim banjari yang bermain secara spontan, namun nada yang dihasilkan cukup selaras sehingga dapat menambah khusyuk dalam pembacaan maulid Diba.

Ketika mauidhoh hasanah, disampaikan bahwa kesuksesan sayyidina Anas bin Malik ra. tidak hanya sebab doa Rosululloh yang manjur, melainkan juga tidak lepas dari usaha pemuda sendiri. Usaha itu diantaranya adalah rutin membaca Al-Quran, dan memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin.

Lihat Juga

Serial Pencerahan Ramadhan PCNU Kota Malang: Fadhilah atau Keutamaan Ramadhan

Malang, 5 April 2022. Melanjutkan agenda Pencerahan Ramadhan PCNU Kota Malang, pada hari Selasa, 5 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.