godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Beranda / Serba-serbi / Seminar Nasional, Ceramah dan Dialog Ilmiah bersama Prof. Al Habib Abdullah Muhammad Baharun

Seminar Nasional, Ceramah dan Dialog Ilmiah bersama Prof. Al Habib Abdullah Muhammad Baharun

Acara Seminar Nasional, Ceramah dan Dialog Ilmiah bersama Prof. Al Habib Abdullah Muhammad Baharun (Rektor Universitas al Ahgaff, Hadramaut-Yaman), yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Malang bekerja sama dengan Aswaja Center Malang dan Gerakan Aswaja Malang (GAMAL) pada Sabtu (1/4), berlangsung khidmah.

Acara yang ikuti ratusan jama’ah dan pengurus NU dari berbagai tingkatannya ini, dilaksanakan di Pondok Darut Ta’lim Wad Da’wah, daerah Bumiayu Malang. Acara dimulai sekitar pukul 15.00 WIB sampai selesai, dengan mengusung tema “Manhaj Ahlus Sunnah wal Jama’ah Menghadapi Berbagai Tantangan”.

Sayyid Abdullah Baharun menuturkan, umat dewasa ini memperoleh pemahaman Agama harusnya bersumber dari Alquran dan Hadis. Tapi perlu juga disempurnakan dengan sumber lain yaitu Ijma dan Qiyas, yang mana hal tersebut dapat diperoleh dari para ulama. Inti Ahlus Sunnah sebagaimana disepakati ulama adalah : dalam bidang aqidah mengikuti As’ary dan Maturidi, dalam bidang fiqh mengikuti salah satu dari empat madzhab : Syafi’i, Hanafi, Maliki, dan Hambali, serta dalam bidang tasawuf mengikuti Imam Junaid Al Baghdadi atau Imam Ghazali. Setelah berilmu, yang paling penting juga adalah adalah beramal, bukan hanya memiliki ilmu.

Dewasa ini banyak aliran yang mengaku ahlus sunnah tapi menjelakkan ulama tasawuf, seperti imam Ghazali. Padahal intisari tasawuf adalah ihsan, dan setingkkat lebih tinggi menjadi muhsin, yang bisa memberikan kemaslahatan untuk ummat. ”Tasawuf sendiri akan menuntun agar memiliki jiwa bersih, mengosongkan dari hal-hal kotor atau dosa-dosa,” tuturnya.

Acara di pandu oleh tersebut KH Atoillah Wijayanto, Raias Syuriah PCNU Kota Malang. Turut mendapingi pula Ustadz Faris Khoirul Anam, Alumni Universitas al Ahgaff Yaman, yang juga Anggota Dewan Pakar Aswaja Center PWNU Jawa Timur.

Setelah acara seminar selesai, Habib Abdullah Baharun melanjutkan dengan acara peresmian Pesantren Darul Faqih Malang. Lalu acara ramah tamah dan silaturahmi ke Walikota Malang, Abah Anton, yang juga Bendahara PCNU Kota Malang.
Oleh : Achmad Diny Hidayatullah

Lihat Juga

GP Ansor Ranting Kidul Pasar Malang Membantu Masyarakat di Masa Pandemi

Pandemi yang disebut Covid 19 ini kian skala jumlahnya terus bertambah besar, jawa timur menduduki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.