godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Beranda / Aswaja / Pelantikan PKPT IPNU-IPPNU UM Kokohkan Karakter Aswaja Generasi Muda

Pelantikan PKPT IPNU-IPPNU UM Kokohkan Karakter Aswaja Generasi Muda

[numuda.id] Klojen – Kepengurusan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) IPNU IPPNU Kampus Pendidikan “Khittah wa Khidmah” Universitas Negeri Malang masa bakti 2018/2019 resmi dilantik. Kegiatan yang bertemakan “Memperkokoh tali ukhuwah dalam mewujudkan generasi muda yang berkarakter Ahlussunnah wal Jamaah” ini diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan Klojen, Kota Malang dan dilanjutkan dengan kegiatan Seminar Aswaja, Sabtu (7/4).

PKPT IPNU-IPPNU UM dalam Seminar Aswaja di Kantor Kec. Klojen, Sabtu (7/4/2018)

Hadir dalam kegiatan Seminar Aswaja tersebut Gus Abdullah Murtadho selaku Pengajar Ponpes Ilmu Al-Qur’an Singosari dan Ust. Muhammad Yunus selaku Murobbi Ma’had Ainul Yaqin UNISMA sebagai pemateri dalam kegiatan Seminar Aswaja.

Di dalam muqoddimah ceramahnya, Gus Abdullah Murtadho menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka menguatkan Aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyyah. Beliau juga menyampaikan bahwa mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Beliau mengutip hadist yang ada di dalam Kitab Ta’limul Muta’alim.

“Ilmu yang wajib dipelajari adalah ilmu hal yang di dalamnya terdapat ilmu ushuluddin/aqidah dan ilmu fiqih,” ujar beliau.

Sementara Ust. Muhammad Yunus, dalam materi kedua, mendedah tentang bid’ah. “Bid’ah adalah mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikenal (terjadi) pada masa Rasulullah SAW,” ungkap beliau mengutip perkataan Imam Izzuddin bin Abdissalam dalam karyanya yaitu kitab Qowa’id al Ahkam fi Mashalih al Anam.

Beliau menyampaikan bahwa ada dua macam bid’ah yakni i’tiqodiyah dan amaliah. Para Ulama’ telah menyepakati hukum bid’ah dalam bidang i’tiqodiyah adalah haram yang dapat menyebabkan kekafiran dan hal ini berbeda dengan bid’ah amaliah. Bid’ah amaliah terdiri dari bid’ah hasanah dan bid’ah sayyi’ah. Beliau mencontohkan tradisi Tahlilan yang dilakukan oleh warga NU merupakan bid’ah hasanah. (eliza fitry/dmb)

Bagikan:

Lihat Juga

Diskusi Terfokus Sinergitas dan Penguatan Peran Tokoh Agama dalam Kontrol Kebijakan Pemerintah Kota Malang

Tokoh agama yang diberi tugas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kota Malang yang berada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.